...

Tiada Kata TERLAMBAT untuk BERHASIL ! ---------- JANGAN menunggu KESEMPATAN tapi CIPTAKAN lah KESEMPATAN! ---------- Seorang Pemenang Menyukai segala Tantangan. ---------- Jadilah Anda Sebagai PEMENANG !

Metode Pembelajaran Matematika

Ceramah – Ekspositori
Ceramah adalah penyajian materi pelajaran dengan melalui ungkapan lisan dari guru ke peserta didik. Sedangkan ekspositori atau ceramah bervariasi adalah metode ceramah disertai dengan ilustrasi tulisan atau gambar yang menyajikan (mengekspose, memberi penekanan) kata-kata kunci atau skema konsep dari materi yang disajikan.

Tanya Jawab
Tanya jawab adalah cara melakukan pembelajaran dengan melalui tanya jawab terarah, guru mengiringi peserta didik pada suatu konsep melalui pendekatan induktif, sehingga peserta didik sendiri yang pertama kali menyebutkan konsep tersebut. Jadi konsep tidak diceramahkan. Pengertian lain, metode tanya jawab adalah metode yang sifatnya memperluas wawasan atau memperdalam pemahaman tentang konsep yang disajikan.
Permainan
Metode permainan cocok dengan dunia anak, sehingga metode permainan akan lebih tepat digunakan dalam pembelajaran matematika di SD atau SMP. Metode permainan adalah metode yang menciptakan situasi bermain, ada rasa ceria dalam pembelajaran, akan tetapi dalam permainan itu mengandung unsur materi matematika.
Demonstrasi
Demonstrasi berarti memperlihatkan sesuatu dengan menggunakan peragaan sehingga proses dan hasilnya dapat dilihat secara nyata. Dalam hal ini guru lebih banyak berperan aktif.
Laboratorium
Bertentangan dengan demonstrasi, dalam kegiatan laboratorium justru peserta didik yang memanipulasi media pembelajaran atau alat peraga, peserta didik melakukan sendiri tidak hanya menonton.
Latihan (Drill – Practice)
Latihan dimaksudkan untuk mengembangkan, memperdalam, dan memperluas wawasan tentang konsep yang telah dipelajari. Latihan hendaknya bervariasi dalam hal kemudahan-kemudahan, jenis, dan bentuknya. Drill adalah latihan dengan cara lisan, sedangkan practice adalah latihan dengan melalui pengajaran matematis.
Penugasan
Tujuan memberikan tugas serupa dengan pemberian latihan, namun mempunyai aspek lebih luas karena latihan adalah sebagian dari jenis tugas. Tugas yang diberikan kepada peserta didik bisa berupa membaca/mempelajari bahasan tertentu, membuat rangkuman, mencari bahan belajar lain di luar sekolah, atau menyajikan materi yang telah dipelajari.
Diskusi
Diskusi adalah kegiatan peserta didik yang di dalamnya terkandung unsur mengemukakan pendapat, tanya jawab antar peserta didik, atau bahkan sanggahan. Jenis diskusi adalah diskusi kelompok, kelas, atau seminar.
Kegiatan Lapangan
Kegiatan pembelajaran di luar kelas disebut kegiatan lapangan, yang materinya merupakan aplikasi konsep yang telah dipelajari di kelas.

0 komentar:

Posting Komentar